M / 11 Jumadil Akhir 1442 H
Sambutan Kepala Sekolah
Assalamualaikum Wr.Wb, Puji syukur kehadirat Allah SWT Tuhan yang Maha Esa karena rahmat dan petunjukNya sehingga pembaharuan website SMAN  5 Semarang dapat diselesaikan. Perkembangan digital yang sangat cepat sekarang ini telah berpengaruh pada kemajuan Teknologi Informasi dan Komunukasi. Perkembangan TIK tersebut  berimplikasi terhadap berbagai aspek kehidupan termasuk di lembaga pendidikan. Dalam lembaga pendidikan TIK dapat dimanfaatkan mulai dari pemanfaatan system manajemen...

Twitter
Facebook
PDKJATENG
INSTAGRAM
 Data Pokok Pendidikan
Agenda Kegiatan
25 January 2021
M
S
S
R
K
J
S
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6

TERMASUK GOLONGAN ORANG MUNAFIQ-KAH KITA?

Tanggal : 21-11-2010 22:33, dibaca 221 kali.

Munafik berasal dari kata nafaqa (نَافَقَ), yunafiqu (يُنَافِقُ), nifaqan (نِفَاق) wa munafaqatan (مُنَافَقَةً). Secara bahasa berarti salah satu lubang tempat keluarnya yarbu’ (hewan sejenis tikus) dari sarangnya, dimana bila ia dicari dari salah satu lubang maka ia keluar dari lubang lainnya. Atau bisa diartikan memiliki dua lubang (wajah). Secara syara’ berarti menampakkan ke-Islaman dan kebaikan tetapi menyembunyikan kekufuran dan kejahatan. Dikatakan demikian karena dia masuk pada syari’at dari satu pintu dan keluar dari pintu yang lain. Nabi bersabda dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, tentang ciri-ciri orang munafik, yang berbunyi:

(Tanda-tanda orang munafik itu ada tiga. jika berbicara ia berbohong, jika berjanji ia ingkar, dan jika dipercaya ia berkhianat ) (HR Bukhari)

Dalam Al-Qur’an disebutkan:

 “Sesungguhnya orang-orang munafik itu hendak menipu Allah, maka Allah membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali.” (QS. An-Nisa`: 142)

Apakah orang munafik itu shalat? Ya mereka shalat tetapi shalat mereka hanya sekedar berdiri menggugurkan kewajiban. Ciri-ciri orang munafik sangat banyak tersebut di dalam Al-Qur`an, dan Ar-Rasul shallallahu alaihi wasallam juga menyebutkan sebagian di antaranya guna memperingatkan umatnya dari ciri-ciri tersebut, jangan sampai mereka terjatuh ke dalamnya sehingga mereka akhirnya menjadi mirip seperti mereka. Padahal sungguh Nabi shallallahu alaihi wasallam telah menyatakan bahwa barangsiapa yang menyerupai suatu kaum maka dia termasuk dari kaum tersebut.

Na’udzubillahimnzdalik, jangan-jangan kita termasuk bagiannya.

Wallahu’alam

Dari berbagai sumber



Pengirim : Olih Solahudin,SS.
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas