M / 11 Jumadil Akhir 1442 H
Sambutan Kepala Sekolah
Assalamualaikum Wr.Wb, Puji syukur kehadirat Allah SWT Tuhan yang Maha Esa karena rahmat dan petunjukNya sehingga pembaharuan website SMAN  5 Semarang dapat diselesaikan. Perkembangan digital yang sangat cepat sekarang ini telah berpengaruh pada kemajuan Teknologi Informasi dan Komunukasi. Perkembangan TIK tersebut  berimplikasi terhadap berbagai aspek kehidupan termasuk di lembaga pendidikan. Dalam lembaga pendidikan TIK dapat dimanfaatkan mulai dari pemanfaatan system manajemen...

Twitter
Facebook
PDKJATENG
INSTAGRAM
 Data Pokok Pendidikan
Agenda Kegiatan
25 January 2021
M
S
S
R
K
J
S
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6

KONSEP DIGITAL

 

Konsep DIGITAL yang digunakan SMA Negeri 5 Semarang, tidak hanya DIGITAL dalam arti sesungguhnya, namun juga merupakan akronim dari Disiplin, Inovatif, Global, Inspiratif, Tangguh, Akhlak mulia, Literate (DIGITAL). Adapun deskripsi dari akronim tersebut yaitu:

1.      Disiplin

Disiplin adalah suatu kemampuan seseorang mengendalikan perilaku yang berasal dari dalam diri seseorang sesuai dengan hal-hal yang telah diatur dari luar atau norma yang sudah ada. Dengan kata lain, disiplin dari segi psikologis merupakan perilaku seseorang yang muncul dan mampu menyesuaikan diri dengan aturan yang telah ditetapkan. Pengertian disiplin yang lain adalah suatu kepatuhan seseorang dalam mengikuti peraturan atau tata tertib karena didorong oleh adanya kesadaran yang ada pada kata hatinya tanpa adanya paksaan dari pihak luar.

2.      Inovatif

Artinya menciptakan sesuatu yang belum pernah ada menjadi ada atau menciptakan sesuatu yang sama sekali berbeda.

3.      Global

Artinya berpikir luas dan terbuka untuk kemaslahatan masyarakat, bangsa dan negara.

4.      Inspiratif

Artinya mampu memberikan ide atau inspirasi bagi orang lain.

5.      Tangguh

Artinya kuat dan kokoh menghadapi tantangan, hambatan, gangguan yang ada.

6.      Akhlak Mulia

Mengembangkan budi pekerti yang baik untuk diterapkan pada diri, keluarga, sekolah dan lingkungan yang lebih luas.

7.      Literate

Mengembangkan budaya literasi seperti mampu membaca cepat, berpikir kritis dan kreatif, dapat menghasilkan karya, dan sebagainya.