M / 3 Ramadhan 1442 H
Sambutan Kepala Sekolah
Assalamualaikum Wr.Wb, Puji syukur kehadirat Allah SWT Tuhan yang Maha Esa karena rahmat dan petunjukNya sehingga pembaharuan website SMAN  5 Semarang dapat diselesaikan. Perkembangan digital yang sangat cepat sekarang ini telah berpengaruh pada kemajuan Teknologi Informasi dan Komunukasi. Perkembangan TIK tersebut  berimplikasi terhadap berbagai aspek kehidupan termasuk di lembaga pendidikan. Dalam lembaga pendidikan TIK dapat dimanfaatkan mulai dari pemanfaatan system manajemen...

Twitter
Facebook
PDKJATENG
INSTAGRAM
 Data Pokok Pendidikan
Agenda Kegiatan
15 April 2021
M
S
S
R
K
J
S
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8

PROGRAM SEKOLAH DIGITAL

 

Program  Sekolah  Digital  dibagi  menjadi  empat  segmen  yaitu e-school (infrastruktur peralatan dan sarana digital sekolah), e-character (character building secara offline dan online untuk peserta didik), e-student (desiminasi kepada peserta didik dan kesiapan peralatan TIK dan kesiapan pemanfaatan aplikasi oleh peserta  didik), e-resources (training dan menciptakan bahan ajar atau konten media).

 

A.      E-School

Pada tahap ini sekolah memastikan untuk penyediaan infrastruktur dan sarana digital meliputi:

 

1. Akses Internet

Ketersediaan    akses    internet    pada    tiap    penyelenggara modeling sekolah digital adalah sangat vital. Internet berfungsi untuk memberikan akses belajar dan transfer informasi secara cepat kepada peserta didik dengan pengawasan pendidik. adapun  untuk   kebutuhan   minimal   internet   bagi sekolah digital adalah minimal 1 Mbps / kelas. Hal  lain  yang  disiapkan  adalah  website  khusus  Sekolah  digital yang berisi Informasi, promosi, kegiatan dan komitmen sekolah digital.

 

2. Perpustakaan Digital (e-Library)

Perpustakaan   digital   merupakan sarana   yang   memberikan fasilitas  bahan  ajar  digital  (ebook),  video  pembelajaran  dan aplikasi pendukung kegiatan belajar mengajar.

 

3. Laboratorium Komputer / Multimedia

Laboratorium    komputer    dalam    modeling    sekolah    digital berfungsi  sebagai  media  untuk  membuat  bahan  ajar  digital untuk konten pembelajaran

 

1.    Kelas Digital

Kelas digital adalah kelas yang empunyai sistem kelas yang terintegrasi (wifi, LCD, komputer, jejaring internet, kamera untuk kelas, guru) dan wajib menerapkan kelas digital  jam/minggu dalam pembelajarannya.

 

2.    Komputer Corner

Pojok komputer adalah komputer khusus yang disediakan dibeberapa spot strategis sekolah (diluar lab) untuk akses cepat peserta didik terhadap sumber belajar dan informasi sekolah.

 

B. E-Character

Merupakan tahapan Modeling Sekolah Digital dengan mengutamakan pembentukan dan pengembangan karakter siswa yang dapat diterapkan pembinaannya secara offline maupun online.

 

C.  E-Student

Perangkat Sekolah Digital Peserta didik yang akan melaksanakan modeling Sekolah digital harus memiliki perangkat Tablet/Smartphone (android) dan memiliki laptop atau perangkat komputer sekolah. Fungsi komputer adalah media untuk pembuatan dan pemanfaatan aplikasi.

  • Kompetisi IT Kreatif

Peserta didik yang telah mengikuti pelatihan, wajib mengikuti Kompetisi IT Kreatif pembuatan aplikasi atau pemanfaatan aplikasi. Kompetisi   IT   Kreatif   dalam   rangka   penguasaan penggunaan perangkat TIK dan penyiapan konten belajar.

  • Kolaborasi Belajar (Blended Learning)

Panitia/koordinator setempat wajib membuatkan forum diskusi online (FB /WA) untuk kolaborasi belajar  antar guru dan Siswa pada masing-masing jenjang.

Panitia/koordinator   mengatur   waktu   dan   tempat   belajar tatap muka (belajar bersama) dalam menyelesaikan Produk IT Kreatif yang dikompetisikan. Hal ini agar Siswa mampu memecahkan masalah dengan saling berbagi informasi dan berkolaborasi dalam penyelesaian aplikasi yang dikompetisikan dengan pendampingan siswa.

3.   Kaloborasi Ujian Online

Sekolah digital mengadakan try out persiapan ujian sekolah secara digital menggunakan Ujian Online terpadu.

  1. Ekstrakulikuler Digital

Ekstrakulikuler  adalah  program  peminatan siswa  untuk menampung  kreatifitas siswa dalam  pemanfatan  teknologi informasi secara maksimal. Diharapkan Siswa yang   telah   mengikuti   pelatihan   dapat menjadi pelopor ekskul  digital  di  sekolahnya masing-masing dengan berbagi pengalaman dalam pembuatan aplikasi.

  1. Oneday Digital

Program sehari  belajar  dengan  menggunakan  fasilitas  digital (one  day  digital) akan  menjadi trend di  lingkungan  sekolah. Seluruh Siswa pada  hari  tersebut  dapat menikmati  fasilitas yang mudah dan menyenangkan. Dalam   program One   Day   Digital seluruh siswa diizinkan membawa   perangkat   teknologi   seperti, Komputer, TABLET dan HP Smartphone untuk   mengeksplorasi   aplikasi   yang mendukung pembelajaran.

 

D. E-Resources

Merupakan program pelatihan untuk pembuatan konten dan bahan ajar digital oleh guru dan seluruh peserta didik yang tergabung dalam nominator (kompetisi  IT Kreatif).