M / 3 Ramadhan 1442 H
Sambutan Kepala Sekolah
Assalamualaikum Wr.Wb, Puji syukur kehadirat Allah SWT Tuhan yang Maha Esa karena rahmat dan petunjukNya sehingga pembaharuan website SMAN  5 Semarang dapat diselesaikan. Perkembangan digital yang sangat cepat sekarang ini telah berpengaruh pada kemajuan Teknologi Informasi dan Komunukasi. Perkembangan TIK tersebut  berimplikasi terhadap berbagai aspek kehidupan termasuk di lembaga pendidikan. Dalam lembaga pendidikan TIK dapat dimanfaatkan mulai dari pemanfaatan system manajemen...

Twitter
Facebook
PDKJATENG
INSTAGRAM
 Data Pokok Pendidikan
Agenda Kegiatan
15 April 2021
M
S
S
R
K
J
S
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8

DESKRIPSI KEGIATAN

 

Deskripsi kegiatan dijelaskan sebagai berikut:

 

No.

Jenis Kegiatan

Deskripsi

1

E Learning

a)      Mengembangkan PJJ sebagai bagian dari program sekolah digital.

b)      Melaksanakan update dan peningkatan keterampilan guru terhadap platform PJJ.

c)      Berkoordinasi dengan seksi terkait untuk pelaksanaan sosialisasi, evaluasi dan análisis.

d)     Mendesain platform PJJ dengan Smart design dan eye catching.

2

Pengembang Konten Media

a)      Membuat video sosialisasi digischool bersama seksi pengembang profil sekolah.

b)      Mengembangkan konten media pembelajaran sebagai bagian dari program sekolah digital.

c)      Melaksanakan update dan peningkatan keterampilan guru berkaitan dengan konten digital.

d)     Membuat konten media (video, grafis, kuiz, dll) bersama guru-guru yang terkait.

3

Pengembang Official Media

a)      Mengembangkan website sekolah sebagai bagian dari program sekolah digital.

b)      Melaksanakan update dan peningkatan keterampilan admin dan atau guru berkaitan dengan kustomisasi web beserta disain web.

c)      Mencari konten untuk dimuat di web sekolah melalui kerjasama dengan guru atau karyawan.

d)     Mengelola email sekolah dan memberitahukan isi yang terkait kepada pihak yang berkaitan.

e)      Menjaga kerahasiaan username dan password.

4

Pengembang Sosial Media

a)      Mengembangkan konten media sosial sekolah secara kreatif dan menarik sebagai sarana branding sekolah.

b)      Mengelola media sosial sekolah yang meliputi Instagram, Facebook, Twitter, dll.

c)      Melaksanakan update dan peningkatan keterampilan guru berkaitan dengan konten media sosial.

d)     Membuat konten media sosial (video, grafis, berita, survey, dll) bersama guru-guru yang terkait.

5

Multimedia dan Live Event

a)      Mengelola peralatan multimedia dan mendata dokumentasinya secara tertib.

b)      Membantu mengembangkan konten pembelajaran, profil, webinar, dan live event secara kreatif dan menarik sebagai sarana branding sekolah.

c)      Melaksanakan update dan peningkatan keterampilan guru berkaitan dengan peralatan multimedia.

d)     Mengelola TV Smala melalui straming Youtube dan Google Suite.

e)      Mendokumentasikan dan arsip digital dengan bekerja sama dengan seksi terkait.

6

Arsip/Data Digital

a)      Mengarsip data teks atau dokumen, video dan sebagainya sebagai secara aman.

b)      Melaksanakan pendokumentasian foto resmi guru dan karyawan secara berkala.

c)      Memback up dokumen sekolah dan arsip dari server secara berkala.

d)     Merancang dokumen sekolah dan arsip yang dapat diakses oleh warga sekolah apabila tidak bersifat rahasia.

e)      Merancang manajemen arsip digital.

7

Pengembang E-Modul

a)      Mengembangkan e-modul sebagai bagian dari program sekolah digital.

b)      Melaksanakan update dan peningkatan keterampilan guru berkaitan dengan e-modul.

c)      Mensosialisasikan cara pemanfaatan e-modul untuk guru dan siswa melalui offline dan atau online (playstore).

8

Pengembang Profil Sekolah

a)      Mengelola profil sekolah secara teks (dokumen) dan video (digital).

b)      Membantu mengembangkan profil sekolah secara kreatif dan menarik sebagai sarana branding sekolah melalui website dan media sosial.

c)      Melaksanakan update dan peningkatan keterampilan guru berkaitan dengan profil sekolah.

d)     Bekerja sama dengan seksi terkait untuk pembuatan dan pemanfaatan profil sekolah.

9

Edukasi TIK

a)      Melaksanakan update dan peningkatan keterampilan guru dan atau siswa berkaitan dengan penguasaan TIK.

b)      Melaksanakan sosialisasi dan konsultasi pemanfaatan TIK untuk warga sekolah.

c)      Membantu peningkatan kemampuan siswa dalam kegiatan PJJ dan evaluasinya.

d)     Mensosialisasikan etika digital, etika bersosial media dan UU ITE.

10

Sistem Informasi dan Manajemen (SIM) Sekolah

a)      Mengembangkan aplikasi SIM Sekolah sebagai bagian dari program sekolah digital.

b)      Mengisi konten yang terkait dengan melibatkan / kerjasama dengan pihak terkait.

c)      Melaksanakan update data dan informasi secara berkala.

d)     Membantu peningkatan keterampilan guru/karyawan dan siswa berkaitan dengan akses SIM Sekolah.

e)      Mensosialisasikan cara pemanfaatan SIM Sekolah.

11

Radio Digital

a)      Mengembangkan radio digital sebagai bagian dari program sekolah digital.

b)      Membuat konten yang terkait dengan radio.

c)      Melaksanakan update secara berkala dan peningkatan keterampilan guru/siswa berkaitan dengan radio sekolah.

d)     Mensosialisasikan cara akses dan pemanfaatan radio sekolah.

12

Perpus Digital

a)      Mengembangkan perpus digital sebagai bagian dari program sekolah digital.

b)      Menyusun konten yang terkait dengan perpus digital.

c)      Melaksanakan update secara berkala dan peningkatan keterampilan guru/siswa berkaitan dengan digital library.

d)     Mensosialisasikan cara akses dan pemanfaatan perpus digital.

e)      Merancang desain digital library.

f)       Bekerja sama dengan guru dan BK untuk mengembangkan perpus sebagai sarana pembelajaran dan tempat yang enjoy for learning.

13

E-Karakter

a)      Mengembangkan karakter atau budi pekerti di kalangan warga sekolah.

b)      Mengembangkan karakater pada format digital sebagai bagian dari program sekolah digital.

c)      Menyusun konten yang terkait dengan karakter siswa.

d)     Mensosialisasikan budi pekerti terutama secara digital.

e)      Merancang desain e karakter.

f)       Bekerja sama dengan guru dan BK untuk mengembangkan karakter siswa sebagai pondasi dasar pembelajaran dan hubungan sosial.

14

E Gamelan

a)      Mengembangkan e-gamelan sebagai bagian dari program sekolah digital.

b)      Menyusun konten (seperti lagu, geguritan, dll) yang akan dimainkan tim e-gamelan (siswa).

c)      Melaksanakan pelatihan secara berkala dan peningkatan keterampilan guru/siswa berkaitan dengan e-gamelan.

d)     Mensosialisasikan cara pelatihan e-gamelan.

e)      Bekerja sama dengan guru terutama seni budaya untuk mengembangkan e-gamelan sebagai sarana pembelajaran dan edutainment.