Lomba Fotografi Kartini Kartono 2021

“Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri” (R.A Kartini).

Perempuan dan laki-laki mempunyai hak yang sama dalam memperoleh pendidikan, mendapatkan pekerjaan, berpolitik, bahkan menjadi pemimpin bangsa. Perempuan tidak hanya sekadar konco wingking yang hanya memiliki peran untuk berada di belakang dengan urusan domestik rumah tangga seperti memasak, berias, dan beranak. Perempuan juga boleh mengutarakan aspirasi dan pemikirannya baik di rumah maupun di dalam kehidupan sosial bermasyarakat. Namun, sebagai seorang perempuan tetap harus memahami kodratnya sebagai istri dan ibu yang harus melayani keluarga sebagaimana laki-laki juga harus memahami kodratnya sebagai suami dan ayah yang harus bertanggung jawab mengayomi keluarga.

Jasa R.A Kartini yang begitu besar pada Bangsa Indonesia terutama bagi kaum perempuan membuat bangsa ini selalu mengenangnya setiap tahun di bulan kelahirannya. OSIS/MPK SMA Negeri 5 Semarang ikut memperingati Hari Kartini dengan mengadakan pelombaan yang diikuti oleh siswa kelas X dan XI. Perlombaan yang dapat diikuti siswa yaitu lomba fotografi Kartini Kartono, lomba desain poster, lomba puisi, dan lomba video edukasi tentang emansipasi wanita. Lomba dibagi dalam 2 hari yaitu tanggal 8 April 2021 dan 20 April 2021 dan dilaksanakan secara daring/virtual.

Kartini dan Kartono merupakan teladan bagi generasi muda Bangsa Indonesia. Kartono selalu mendukung dan memfasilitasi keinginan adiknya untuk terus membaca, menulis, dan belajar. Kartono tidak memandang rendah Kartini sebagai seorang perempuan. Semangat mereka berdua untuk terus membaca, menulis dan tidak pernah berhenti belajar meskipun berada dalam kondisi yang tidak menyenangkan bahkan dalam segala keterbatasan harus bisa dicontoh khususnya oleh siswa-siswi SMA Negeri 5 Semarang.

Peringatan Hari Kartini seharusnya tidak hanya kita maknai dengan berkebaya saja namun harus kita hayati dan ikuti pemikirannya, kepeduliannya terhadap orang lain, serta semangatnya untuk menjadikan perempuan dapat menempuh pendidikan yang tinggi seperti kaum laki-laki. Sekalipun pada akhirnya perempuan memutuskan menjadi ibu rumah tangga, ia tetap harus berpendidikan tinggi karena perempuan harus mampu mendidik anak-anaknya dan menjadi madrasah yang pertama bagi mereka.

Lomba Fotografi Kartini Kartono 2021 ini membawa semangat untuk siswa SMA Negeri 5 Semarang terus berkreativitas, belajar, dan berinovasi meskipun di tengah keterbatasan dan kesulitan masa pandemi Covid-19 yang belum usai hingga kini.

Scroll to top