M / 29 Ramadhan 1442 H
Sambutan Kepala Sekolah
Assalamualaikum Wr.Wb, Puji syukur kehadirat Allah SWT Tuhan yang Maha Esa karena rahmat dan petunjukNya sehingga pembaharuan website SMAN  5 Semarang dapat diselesaikan. Perkembangan digital yang sangat cepat sekarang ini telah berpengaruh pada kemajuan Teknologi Informasi dan Komunukasi. Perkembangan TIK tersebut  berimplikasi terhadap berbagai aspek kehidupan termasuk di lembaga pendidikan. Dalam lembaga pendidikan TIK dapat dimanfaatkan mulai dari pemanfaatan system manajemen...

Twitter
Facebook
PDKJATENG
INSTAGRAM
 Data Pokok Pendidikan
Agenda Kegiatan
11 May 2021
M
S
S
R
K
J
S
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5

Tujuan Brandung sekolah


Tujuan umum pelaksanaan program Sekolah Digital SMA Negeri 5 Semarang adalah:

  1. Mendorong sekolah meningkatkan mutu pemenuhan Standar Nasional Pendidikan.
  2. Menumbuhkembangkan praktik-praktik baik penyelenggaraaan pendidikan terutama secara digital yang dapat diimbaskan ke sekolah lain di zonanya.
  3. Memperluas dan mempercepat ketersediaan pelayanan pendidikan bermutu tinggi secara digital.
  4. Memberdayakan sekolah sebagai pelopor dan pengembang praktik-praktik baik digital.

 

Tujuan khusus pelaksanaan program Sekolah Digital SMA Negeri 5 Semarang adalah:

  1. Meningkatkan mutu pendidikan secara masif.  Dengan masuknya teknologi    digital    ke    dalam    lingkungan    sekolah,    diharapkan pengalaman  belajar  yang  didapatkan  peserta  didik  akan  semakin baik,  kompetansi  tenaga  pengajar  semakin  meningkat  dan  sistem manjerial sekolah semakin baik.
  2. Mengefektifkan   sumber   daya   yang   dimiliki   sekolah,   misalnya seperti      pemanfaatan      jaringan      internet      dalam      kegiatan pembelajaran,  pengembangan  modul  dan  konten  kreatif  untuk pembelajaran,  pelaporan   hasil   belajar   dan   progres   laporan terkomunikasikan dengan lebih cepat. 
    1. Mengoptimalkan   potensi   yang   dimiliki   peserta   didik   (creative thinking, problem   solving, problem possing, dll). Masuknya teknologi digital ke dalam kegiatan  pembelajaran secara tidak langsung telah membuka pengalaman belajar   baru   terhadap pendidik dan  peserta didik.
    2. Berfungsinya DSS  (decision  support  system)  yang  menyediakan laporan digital sebagai bahan pertimbangan pengambil keputusan pimpinan. Sistem manajerial  berbasis  digital  mampu memberikan laporan/hasil  evaluasi  dengan  lebih  cermat  dan  cepat,  sehingga pihak-pihak yang membutuhkan bisa mengakses informasi secara real time dan lebih cepat.
    3. Meningkatkan kolaborasi guru dan siswa sehingga diharapkan sekolah yang  tergabung dalam program Sekolah digital dapat bersaing dan menambah wawasan serta jaringan dengan sekolah digital lain.
    4. Memudahkan akses digital terhadap sekolah.